Rabu, 23 September 2009

KLASIFIKASI PENGHAKIMAN TERAKHIR

Dalam penghakiman terakhir (Mat. 25:31-46) kita dapat melihat adanya 2 kelompok masyarakat yang dipisahkan :
1. Masyarakat yang tergolong domba
2. Masyarakat yang tergolong kambing
Masyarakat domba ditempatkan di sebelah kanan-Nya, masyarakat kambing di sebelah kiri-Nya.
Masyarakat domba menerima warisan kerajaan Allah, masyarakat kambing diusir dari kerajaan Allah dan dimasukkan ke api yang kekal.
Bila kita mau merenungkan maka dari dua kelompok masyarakat tersebut, masing-masing terdiri dari 2 kelompok masyarakat :
Masyarakat domba terdiri atas masyarakat :
a. Yang tidak mengenal Allah tetapi melaksanakan kehendak-Nya
b. Yang mengenal Allah dan melaksanakan kehendak-Nya
Kelompok domba 1 a, secara manusiawi kita dapat berfikir bahwa : warisan kerajaan Allah yang diterima lebih sedikit dibandingkan kelompok domba 1 b. Atau kita membayangkan kelompok domba 1 a hanya masuk ke ruang kelas ekonomi, sedangkan domba 1 b akan menerima ruang kelas VIP. Secara manusiawi pula kita dapat berfikir bahwa kelompok domba 1 a adalah kelompok domba yang beruntung, karena tidak menyadari bahwa yang dilakukan selama hidupnya akan menyebabkan menerima warisan kerajaan Allah. Sedangkan kelompok 1 b adalah kelompok yang dengan sadar : berjuang dan berkorban untuk mendapatkan warisan kerajaan Allah.
Tetapi itu semua menurut pikiran manusia, sedangkan kenyataannya kita mengimani bahwa Tuhan Maharahim dan Mahakasih, maka mesti akan memberikan yang terbaik pada domba-domba yang dicintai dan membalas cinta-Nya walaupun dengan tidak sengaja mencintai.
Masyarakat kambing terdiri atas masyarakat :
a. Yang tidak mengenal Allah dan tidak melaksanakan kehendak-Nya.
b. Yang mengenal Allah tetapi tidak melaksanakan kehendak-Nya.
Secara manusiawi kita dapat berfikir : kambing 2 a akan dimasukkan ke api yang kurang panas dibandingkan kambing 2 b, karena kelompok kambing 2 a tidak melakukan karena tidak tahu yang harus dilakukan, sedangkan kelompok 2 b tahu tetapi tidak melaksanakan sehingga ada unsur kesengajaan.
Sebenarnya sangat jelas kehendak Allah yang mana yang harus dilakukan agar masuk dalam kelompok domba yang paling ideal, yaitu kelompok domba yang mengenal gembalanya dan melaksanakan kehendak-Nya. Semangat berbagi itu yang harus dimiliki, sehingga ketika ada yang lapar rela berbagi makanan, ketika ada yang haus rela berbagi minuman, ketika ada orang asing rela berbagi tumpangan, ketika ada orang telanjang rela berbagi pakaian, dan sebagainya, tanpa melihat siapa dia, siapa orangnya? Tetapi kita dapat melihat siapa orang yang membutuhkan dan memang pantas dibantu.
Sejalan dengan hal di atas kita dapat melihat juga visi dan misi dari yang memiliki kerajaan Allah (Luk. 4:18-19) yang juga menjadi bagian tak terpisahkan untuk dilaksanakan agar mendapat warisan kerajaan Allah.
Visi kehadiran Yesus Kristus adalah “kerajaan Allah”, misalnya adalah mewujudkan tahun rahmat Tuhan dengan : memberitakan pembebasan pada kaum tertawan, memberi penglihatan pada orang yang buta dan membebaskan orang-orang tertindas.
Sekali lagi tampak jelas tuntutan untuk memiliki semangat berbagi yang berarti merupakan ungkapan kasih dan pengorbanan untuk dapat masuk dalam kelompok domba 1 b.

W. Sugiyanto
Lingkungan Sang Timur

Tidak ada komentar: