Selasa, 06 Oktober 2009

LINGKUNGAN ST. MARIA

Kawula Abdining Allah, Sandika ing Dhawuh Dalem
Lingkungan St. Maria merupakan lingkungan terluas di paroki St. Thomas Rasul Bedono. Umat lingkungan tersebar di tiga desa di wilayah kabupaten Temanggung yaitu Klepu, Pager Gunung, dan Soborejo. Batas-batas lingkungan: sebelah utara desa Wonokersa, timur lingkungan Yulius Pingit, selatan desa Gowak, dan sebelah barat desa Nglorog. Secara geografis, lingkungan tersebut berada di daerah perbukitan dengan jalan berliku, naik-turun, dan belum semua beraspal.
Saat ini, ketua lingkungan St. Maria, oleh umat dipercayakan kepada Bp. E. Yitno Sukamdono yang juga menangani pangruktilaya. Di dalam pelayanannya, beliau dibantu oleh lbu V. Sri Rahayu sebagai sekretaris, Ibu C. Murtijah sebagai bendahara, dan Bp. Y. Slamet yang membantu di bidang PSE.
Nama Maria diambil dari nama babtis cikal bakal umat lingkungan yaitu lbu Maria Sarjono. Lingkungan yang berpesta nama setiap tanggal 15 Agustus ini terdiri dari 22 KK dengan jumlah umat 76 (41 pria dan 35 wanita). Sebagian besar umat bermata pencaharian sebagai petani, dan sebagian kecil sebagai guru, RT, RW, dan perangkat desa. Namun untuk kaum mudanya sendiri banyak yang merantau mencari nafkah di daerah lain.
Walaupun tinggal tersebar di beberapa daerah, setiap bulannya umat aktif mengadakan kegiatan doa bersama dengan tingkat kehadiran mencapai 80%. Hal ini merupakan wujud semangat kebersamaan umat lingkungan. Meskipun kerinduan dan harapan untuk memiliki tempat ibadah sendiri belum dapat diwujudkan, namun tidak menguragi semangat umat di dalam hidup menggereja. Umat tetap berpegang teguh pada teladan Maria yang menanggapi panggilan Tuhan dengan berkata, "Kawula Abdining Allah, Sandika ing Dhawuh Dalem."

Tidak ada komentar: